14 Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Anda Coba

14 Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Anda Coba - Dalam beberapa tahun terakhir Korea Selatan telah menjadi lebih dikenal dengan teknologinya daripada makanannya. Namun, berkat makanan lezat seperti kimchi, yang telah menjadi sensasi global, segala sesuatunya mulai berubah.

1. Kimchi


Kimchi

Salah satu masakan tertua dan mungkin yang paling penting dalam masakan Korea, kimchi adalah hidangan pedas dan asam yang terdiri dari sayuran fermentasi. Ini disiapkan dengan berbagai macam bahan, namun bahan utama yang paling umum adalah kol. Kimchi sangat populer di kalangan orang asing karena rasanya yang unik, juga nilai nutrisinya yang tinggi, kandungan serat dan kandungan kalori rendah. Namun, bagi orang Korea, ini paling populer karena nilai budayanya yang signifikan. Tanpa kimchi, makan malam dianggap tidak lengkap.


2. Bibimbap


Bibimbap

Bibimbap pada dasarnya adalah semangkuk bahan campuran termasuk, namun tidak terbatas pada, nasi, namul (sayuran musiman dan tumis), jamur, daging sapi, kecap, gochujang (pasta cabe rawit), dan telur goreng. Bahan-bahan yang ditemukan di bibimbap bervariasi menurut wilayah, dan versi paling terkenal dari makanan ini ditemukan di Jeonju, Tongyeong, dan Jinju.

3. Bulgogi


Bulgogi

Sajian daging sapi panggang yang lezat dan gurih, bulgogi adalah salah satu hidangan daging Korea yang paling populer di seluruh dunia, dan menempati peringkat ke-23 makanan paling lezat di dunia menurut polling pembaca CNN Travel pada tahun 2011. Seringkali dipanggang dengan bawang putih dan irisan bawang untuk menambah rasa pada daging. Dagingnya biasanya dibungkus selada dan biasanya dimakan secara tradisional dengan ssamjang (pasta pedas tebal dan merah).

4. Japchae


Japchae

Sering menjabat sebagai lauk saat makan siang atau makan malam, japchae adalah hidangan mie tradisional Korea yang terbuat dari kentang goreng tumis, sayuran parut, daging sapi, dan sedikit kecap dan gula. Bergantung pada koki, bahan tambahan seperti jamur ditambahkan ke dalam campuran. Japchae dikenal dengan rasa manis dan beraroma dan teksturnya yang lembut namun sedikit kenyal.

5. Hoeddeok


Hoeddeok

Dikenal sebagai versi manis dari pancake Barat, hoeddeok, atau kadang-kadang dieja sebagai hotteok, adalah makanan jalanan Korea yang populer, terutama selama musim dingin. Ini pada dasarnya datar, adonan bundar yang diisi dengan campuran kayu manis, madu, gula merah, dan potongan kecil kacang dan dimasak di wajan. Kelezatannya memiliki eksterior renyah dan interior lembut serta rasa yang tak tertahankan.

6. Ddukbokkie


Ddukbokkie

Ddukbokkie, yang juga dieja tteokbokki, adalah makanan Korea pedas yang biasa dibuat dari kue beras silindris, kue ikan segitiga, sayuran, dan sambal merah manis. Hal ini sering dijual oleh pojangmacha (pedagang kaki lima). Orang menikmati ddeukbokkie untuk kombinasi rasa pedas dan manis.

7. Seolleongtang


Seolleongtang

Sup Korea tradisional yang terbuat dari tulang lembu, daging sapi dan kumis, seolleongtang adalah sajian lokal Seoul, sering dibumbui dengan garam, lada hitam, bawang hijau cincang, atau bawang putih cincang sesuai selera konsumen. Kaldu berwarna putih susu dan keruh dan sering dimakan nasi. Seolleongtang dikenal dengan teksturnya yang lembut namun kenyal dan kaldu beraroma, dan dapat ditemukan di kebanyakan restoran Korea di Seoul.

8. Soondubu Jiggae


Soondubu Jiggae

Disajikan dalam mangkuk batu besar, soondubu jiggae adalah tipuan pedas khas Korea umumnya terbuat dari dubu (tahu), sayuran, jamur, makanan laut, daging sapi atau babi, dan gochujang (pasta cabai). Bergantung pada koki dan wilayah, beberapa bahan dikeluarkan, diganti atau ditambahkan ke dalam campuran. Meskipun ada variasi yang berbeda, secara tradisional, telur mentah diletakkan di atas rebusan dan dicampur dengan sup sebelum disajikan untuk menambahkan rasa tambahan ke piring.

9. Samgyeopsal


Samgyeopsal

Salah satu masakan Korea yang paling populer di Korea Selatan, samgyeopsal terdiri dari irisan daging babi panggang yang tidak direndam atau dibumbui. Mereka biasanya dicelupkan ke dalam bumbu yang terbuat dari garam dan merica yang dicampur dengan minyak biji wijen, lalu dibungkus selada beserta irisan bawang putih panggang, iris bawang panggang, irisan bawang hijau, dan kimchi. Ini adalah salah satu hidangan paling umum yang ditemukan di restoran Korea manapun di seluruh dunia.

10. Haemul Pajeon


Haemul Pajeon

Sebuah versi pajeon, yang merupakan hidangan Korea seperti panekuk yang dibuat terutama dengan bawang hijau, adonan telur, tepung terigu, dan tepung beras, haemul pajeon menggabungkan makanan laut ke pancake umum. Bahan makanan laut biasa yang digunakan antara lain, namun tidak terbatas pada, tiram, udang, cumi dan kerang. Haemul pajeon umumnya dimakan sebagai hidangan utama dan dikenal dengan teksturnya yang lembut dan kenyal serta campuran rasa seafood.

11. Hobakjuk


Hobakjuk

Hidangan manis dan kasar, hobakjuk adalah bubur tradisional Korea yang terbuat dari labu kukus dan beras ketan yang telah direndam air. Meski penampilannya sederhana, rasanya sangat manis dan beraroma karena labu. Ini adalah makanan yang populer saat sarapan pagi, dan seringkali merupakan pilihan makanan yang sempurna untuk orang-orang yang tidak sehat dan tidak dapat mengkonsumsi makanan berat. Dilayani panas dan dingin tapi yang terbaik saat panas.

12. Naengmyeon


Naengmyeon

Naengmyeon adalah hidangan mie Korea dingin yang umum, terdiri dari mie tipis, mentimun, irisan pir Korea, irisan daging sapi dan telur rebus. Mie sering terbuat dari soba, kentang, dan ubi jalar, tapi bisa juga terbuat dari ararut dan kudzu, tergantung jenis naengmyeon. Ini adalah hidangan populer terutama selama musim panas untuk mendinginkan diri di bawah panas terik dan udara lembab tebal di Korea Selatan.

13. Soondae


Soondae

Soondae, atau kadang dieja sebagai sundae, adalah masakan khas Korea yang terbuat dari usus babi yang diisi beberapa bahan seperti mie, darah babi, dan jelai. Versi dari quickdae berbeda dalam tambalan dan pembungkus, dan sering dipersiapkan secara berbeda sesuai dengan provinsi atau kota di Korea Selatan. Meskipun demikian, meskipun resepnya berbeda, setiap saat mengandung kenyal di bagian luar dan lembut dan beraroma di sampingnya, menciptakan perpaduan tekstur dan rasa yang menarik.

14. Samgyetang


Samgyetang

Hidangan khas terutama selama musim panas, samgyetang adalah sup tradisional yang terbuat dari ayam, bawang putih, nasi, daun bawang, jujube Korea, ginseng Korea, dan rempah-rempah. Hal ini diketahui memiliki nilai gizi tinggi. Tidak hanya itu dikenal dengan kandungannya yang sehat tapi juga populer hanya untuk rasa lembut dan gemuk.

Demikianlah 14 Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Anda Coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon