17 Makanan Jalanan di Bandung yang Wajib Anda Coba

17 Makanan Jalanan di Bandung yang Wajib Anda Coba - Bagi sebagian orang, akan mencicipi kelezatan kuliner dari makanan jalanan di Bandung hanyalah hobi yang akan menambah pengalaman mereka bersenang-senang di sana. Karena Bandung penuh dengan orang luar yang datang ke sana untuk belajar atau liburan di kota yang indah ini, sehingga makanan lezat setempat memiliki beragam pilihan untuk memenuhi perut mereka yang berbeda.

1. Kupat Tahu Gempol


Kupat Tahu Gempol

Dari namanya, maka bisa diprediksi makanan ini dijual di Pasar Gempol yang berada di Jln Gempol Kulon no. 53, Bandung. Lokasinya antara Jalan Dago dan Jalan Banda. Kupat Tahu Gempol, yang telah terjual sejak 1975, juga membuka tiga cabang lainnya, yakni di Setiabudhi, Dago, dan Gasibu.

Bagi yang ingin menikmati kelezatan Kupat Tahu Gempol maka dibutuhkan bangun pagi karena hanya menjualnya dari pukul 05.30 - 10.00 WIB. Makanan ini dicampur dengan lontong dan tahu goreng dan ditaburi dengan toge.

2. Sop Kaki M. Syam, Banceuy


Sop Kaki M. Syam, Banceuy

Anda bisa menemukan makanan ini dijual di balik kios tenda sederhana di Jalan Banceuy Mereka menjual sup daging kaki yang terkenal dengan kelezatannya. Mereka juga menyediakan berbagai pilihan menu seperti isian sup, daging kaki, dan semua daging lainnya dari kambing.

Saus ini mengandung berbagai ramuan yang bisa menghangatkan tubuh bagi mereka yang mengonsumsinya. Harganya bersahabat dengan dompet dan karenanya sangat diminati. Selanjutnya, toko buka setiap hari pukul 17.30 - 23.00. Tempat itu juga menyediakan sup lembu untuk mereka yang tidak suka daging kambing

3. Bubur Ayam Pa' Otong


Bubur Ayam Pa' Otong

Jika Anda melewati Jalan Sudirman di dekat kawasan Pasar Andir, maka Anda bisa berhenti untuk mencicipi bubur ayam Pak Otong. Pak Otong adalah generasi kedua ayahnya, Pak Handun, yang menjual bubur ayam sejak 1947.

Rasa bubur yang lezat dengan ayam besar membuat bubur ini tidak pernah sepi dengan pengunjung meski terkadang kadang kala bau dari pasar basah terdekat bisa tercium. Bubur ayam ini disajikan tanpa kerupuk dan dijual setiap harI.

4. Nasi Goreng Bistik Sapi AA


Nasi Goreng Bistik Sapi AA

Berlokasi di Jalan Astana Anyar 264, Bandung, Nasi Goreng Bistik Sapi AA dijual pukul 17.30 sampai tengah malam atau sampai menu habis. Ada berbagai yang dijual disana, tapi menu andalannya, tentu saja, adalah Nasi Goreng Bistik, yaitu nasi goreng yang diberi ayam goreng renyah, dipadukan dengan kentang goreng, wortel, dan kacang.

5. Bebek Ali


Bebek Ali

Kenikmatan bebek yang dijual di tenda di belokan melintasi pintu masuk selatan Rumah Sakit Borromeus (Tepatnya di Jalan Hasanuddin 8, Bandung) sudah terkenal di seluruh Bandung. Bebeknya empuk, enak, dan juga tidak berbau. Rasa sambalnya juga pas, tidak terlalu menggigit dan sangat adiktif. Setiap hari Bebek Borromeus mulai laku pukul 17.00 dan terkadang pukul 19.00 sampai daging bebek habis terjual.

6. Gudeg Bu Ratna


Gudeg Bu Ratna

Bagi pecinta gudeg Jogya, yang gudeg dengan ciri dominan rasa manis, Gudeg Bu Ratna bisa jadi salah satu pilihan menarik. Gudeg ini terbuat dari nangka manis muda dan dimakan dengan kekecek yang enak dan sedikit pedas, tahu bacem, telur, dan daging ayam yang dipadu dengan sambal pembuka yang gurih. Bisnis Gudeg milik Ratnasari Anggoman ini dimulai sejak tahun 1992 dan sekarang memiliki 14 cabang. Salah satunya terletak di tenda sederhana di jalan Pasirkaliki dan Semar.

7. Warung Nasi Uduk Cinta 97


Warung Nasi Uduk Cinta 97

Kelezatan menu tidak perlu diragukan. Di warung tenda yang terletak di Jalan Rajiman (di seberang kafe Tomodachi), menu yang tersedia antara lain: ati ampela, sate, pecel lele, nasi uduk, dan tentunya yang favorit adalah ayam panggang. Porsi nasi itu besar dan memuaskan, ditambah dengan kol goreng yang juga renyah. Ayam yang dipadukan dengan kecap manis tentu membuat Anda jatuh cinta dengan kelezatan makanan di tempat ini.

8. Batagor Hanjuang


Batagor Hanjuang

Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng, makanan satu ini sebenarnya merupakan masakan khas Bandung. Batagor Hanjuang dijual di gerobak tepat di depan Rumah Makan Anugrah, di Jalan Astina (di belakang Istana Plaza). Batagor tidak terlalu berminyak, dan ikan tenggiri cukup enak dan bumbu bumbunya juga enak. Untuk makanan khas kuliner, maka Batagor Hanjuang sangat dianjurkan.

9. Mie Lezat Gang Luna


Mie Lezat Gang Luna

Di Jalan Jenderal Sudirman, tak jauh dari Pasar Andir, Anda akan menemukan gang bernama Gang Luna. Di gang itu, Anda akan menemukan mie lezat yang dijual di gerobak. Sesuai namanya, Mie Lezat juga dikenal dengan nama Mie Lezat Gang Luna dan rasanya sangat lezat.

Mie Lezat Gang Luna telah terjual sejak lebih dari 20 tahun yang lalu dan sampai hari ini Mie Murni Gang Luna masih menjadi kuliner favorit di Bandung. Rasakan kelezatan mangkuk mie yamien (asin atau manis) dengan semangkuk saus bakso dan pangsit. Mie tipis terasa kenyal dan renyah dan sausnya tidak terlalu berminyak.

10. Bakso Malang Cipaganti


Bakso Malang Cipaganti

Setiap pecinta bakso harus mencoba Bakso Malang Cipaganti. Usaha ini diawali oleh H. Muhammad Syahroni di Malang pada tahun 1978 dan dilanjutkan oleh anaknya, Rony Yulianto. Awalnya, bakso Cipaganti dijual di sekitar lingkungan di gerobak. Setelah dua tahun berjualan kemudian pemiliknya membuka dua kios di persimpangan Pasteur dan Jalan Cipaganti (di sebelah Masjid Cipaganti Raya).

Rahasia bakso lembut dan lezat ini karena pemiliknya menggunakan lebih banyak daging daripada tepung. Bakso juga sehat karena tidak menggunakan bahan kimia dalam pencampurannya.

11. Sate Anggrek


Sate Anggrek

Bagi penggemar sate, Anda bisa mencoba Sate Anggrek. Dinamakan Sate Anggrek karena letaknya di Jalan Anggrek, berpotongan dengan Jl Riau. Akan mudah ditemukan karena asap dari sate yang terbakar biasanya terlihat mengepul dari jalan. Beberapa menu yang tersedia adalah sate ayam, sate daging sapi, sate kambing, dan ada juga sate telur. Satenya enak dengan daging yang cukup besar dan empuk.

12. Gebyar Soto Sulung, Cilaki


Gebyar Soto Sulung, Cilaki

Bagi yang suka soto sulung, maka anda bisa mencoba yang dijual di toko tenda di Jalan Cilaki. Sup lezat dengan daging dan jeroan dengan campuran kuning saus kental dan gurih. Anda bahkan bisa menambahkan ekstra telur rebus.

13. Roti Bakar 234 Gang Kote


Roti Bakar 234 Gang Kote

Jangan lupa mampir sebentar di Gang Kote, persis di Roti Bakar 234. Apa yang membedakan roti panggang dari roti panggang lainnya adalah campuran roti padat tapi lembut dengan toppingnya yang berlimpah, dari topping meises, keju, hingga daging kornet. Dan karena proses pembakaran roti yang menggunakan arang itu memberi aroma yang berbeda. Toko roti mulai pukul 14.30 sampai 22.00

14. Lotek Kalipah Apo 42


Lotek Kalipah Apo 42

Bagi pecinta lotek, jangan lupa untuk mencoba Lotek Kalipah Apo 42, berlokasi di Jalan Kalipah Apo 42. Nikmati lezatnya tumpukan sayuran yang terdiri dari kubis, taoge, kacang panjang, bayam, kangkung, nangka muda, tempe dan lontong. Jangan juga merindukan kerupuk udang yang sangat lezat. Selain menjual lotek, Lotek Kalipah Apo yang telah beroperasi sejak 1953 ini juga menjual gado-gado dan lain-lain.

15. Bubur Ayam Gibbas


Bubur Ayam Gibbas

Salah satu bubur yang harus dicoba di kota Bandung ini adalah Bubur Ayam Gibbas. Bubur Gibbas lebih cocok disebut "bubur ayam" karena mereka menaruh begitu banyak ayam di setiap porsi buburnya. Ini juga rasanya enak tanpa perlu ditambah lada atau MSG. Bubur Gibas disajikan dengan sayur tapi tanpa kerupuk dan terletak di Jalan Kebon Jati, persis di seberang RS Kebonjati, Bandung

16. Martabak Nikmat Andir


Martabak Nikmat Andir

Martabak ini yang berada di kawasan Pasar Andir di Jalan Jenderal Sudirman No. 413 juga menjual Martabak tipis dengan isi parutan parmesan. Saat membuat Martabak maka mentega hanya digunakan dalam jumlah cukup sehingga Martabak tidak terlalu berminyak. Topping juga bervariasi dan salah satu menu yang direkomendasikan adalah Martabak jagung.

17. Bakmi Jogja Bengawan


Bakmi Jogja Bengawan

Kuliner Jogja ini dijual di kota bandung. Dinamai Bakmi Jogja Bengawan karena dulu menjual lokasinya di Jalan Bengawan, tapi sekarang sudah pindah ke Jalan Riau No 183 (Taman Pramuka), Bandung. Menu andalannya adalah godhok atau bakmi rebus, digoreng dan juga nyemek (dengan sedikit saus). Mie itu dimasak dengan arang, dan rasanya sangat menggoda. Untuk minumannya, Anda bisa memesan teh panas yang akan membuat mie semakin enak dan lezat.

Rasa kuliner dari makanan jalanan di Bandung merupakan salah satu hal yang membuat berkunjung ke Bandung akan menjadi pengalaman yang hebat. Karena Bandung didesain menjadi kota wisata yang akan membuat banyak orang datang ke sana untuk bersenang-senang. Perekonomian Bandung sangat bergantung pada industri rumahan sehingga kelezatan kreatif banyak orang akan selalu diproduksi oleh orang Bandung untuk memuaskan mereka yang rutin datang kesana.

Demikianlah 17 Makanan Jalanan di Bandung yang Wajib Anda Coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon