15 Kegiatan Budaya di Bali yang Wajib Anda Lihat

15 Kegiatan Budaya di Bali yang Wajib Anda Lihat - Berbicara tentang hal-hal budaya, Bali memiliki begitu banyak dari mereka. Mereka melakukannya hampir setiap hari dalam hidup. Hal budaya seperti tarian, dan kebiasaan membuat mereka lebih istimewa dari yang lain. Namun, ada juga salah satunya, kegiatan budaya Bali. Nah, mereka luar biasa, sangat cantik, indah dan istimewa.

Pulau ini memiliki lebih banyak aktivitas menarik untuk ditonton, atau dilakukan jika Anda berani. Sementara itu, Anda bisa mengikuti ritual keagamaan, karena Bali adalah pulau yang sangat religius. Hampir semua kegiatan tersebut dikhususkan atas nama sejarah dan agama. Karena itu, belajar sedikit tentang kegiatan agamanya tidak akan merugikan.

1. Ogoh-ogoh


Ogoh-ogoh

Yang satu ini sangat menyenangkan. Percayalah, jika Anda belum melihatnya secara langsung, sayang sekali. Tapi jangan khawatir, Anda bisa melihatnya di video Youtube jika Anda mau, tapi perasaannya tentu saja tidak sama. Jauh dari itu sebenarnya. Hal ogoh-ogoh ini sebenarnya nama untuk membuat patung kertas yang dibawa orang.

Ogoh-ogoh datang dengan berbagai bentuk, tapi biasanya membuat mereka menyerupai roh jahat. Seperti makhluk raksasa merah atau semacamnya. Setelah membawa beberapa kali, mereka akan membakar patung-patung itu. Berharap bahwa roh jahat tidak akan hidup kembali.

2. Gamelan Bali


Gamelan Bali

Tidak hanya Jawa yang memiliki orkestra Gamelan kecil, tapi Bali juga memilikinya. Sama seperti Jawa, gamelan di Bali menggunakan semua instrumen seperti gong, dan yang lainnya. Namun, orang menambahkan sesuatu di sana. Mereka menambahkan instrumen yang disebut Rindik. Rindik itu spesial, hanya bisa ditemukan di sini, sekarang mari kita ceritakan sedikit tentang hal itu.

Rindik terbuat dari bambu, dengan catatan "slendro" di dalamnya. Slendro adalah salah satu catatan dalam catatan musik Indonesia, ini tradisional. Nah, mereka biasanya bermain dalam upacara tertentu, seperti pernikahan misalnya. Instrumen khas ini juga bisa dimainkan oleh dua orang atau bulu, sehingga setiap orang bisa menikmatinya sekaligus.

3. Perang Pandan


Perang Pandan

Hmm, jika Anda pikir ini hanya beberapa buruk memukul seseorang dengan daun, Anda salah. Di Desa Tenganan, orang mengadakan ritual mirip gladiator ini. Ritual itu melibatkan banyak pria. Sambil mengenakan perisai daun dibuat, mereka mencoba duel seseorang di arena kecil dengan daun pandan di tangan mereka.

Ini terlihat sangat epik meskipun, mengerikan di beberapa titik, tapi wow. Anda tahu, saat menontonnya langsung di depan mata Anda, pertempuran tampaknya sangat interaktif, penuh semangat di dalam pria yang bertengkar dan orang-orang yang mengelilinginya. Nah, yang ini benar-benar layak ditonton.

4. Memotong Gigi


Memotong Gigi

Menyikat gigi sedikit terlalu utama untuk Anda? jangan khawatir Kita memiliki sesuatu yang akan meniup pikiran kecilmu yang imut. Aktivitas ini melibatkan gigi Anda, dan pisau kecil untuk mencukurnya. Tidak, mereka tidak akan memotong semua gigi Anda, mereka hanya membuat mereka lebih rapi. Demi spiritual dan kesehatan.

Kini, gigi yang akan dipotong hanya 6 dari semuanya. Gigi di bagian atas. 4 gigi seri dan 2 gigi taring. Biasanya, mereka akan melakukan ritual untuk pria dan wanita yang sudah mulai turun ke masa dewasa. Tidak ada yang perlu ditakuti, mereka akan melakukannya dengan kenyamanan dan kehati-hatian yang sempurna.

5. Upacara Kematian, Ngaben


Upacara Kematian, Ngaben

Sekarang mungkin beberapa dari Anda sudah tahu tentang ritual khusus ini. Ngaben di Bali adalah ritual kematian di Bali, Upacara Ngaben. Bagi beberapa orang, mereka akan mengubur atau membakar orang mati. Namun di Bali, mereka juga melakukan pembakaran, namun dengan metode khusus.

Situasi di sekitar sangat menyedihkan. Baik untuk keluarga, saudara, atau tamu. Ini seperti puncak dari apa yang orang Bali lakukan dalam kehidupan mereka. Mulai dari ritual persalinan, pernikahan, dan jadilah bagian terakhir dari Upacara Ngaben. Ini adalah saat yang menyedihkan namun dramatis dalam hidup.

6. Mesaiban


Mesaiban

Ritual ini hanya dilakukan oleh ibu-ibu di Bali. SEBAGAI ibu, mereka memiliki tugas melindungi keluarga dan memberi mereka makanan sehat dan bergizi untuk mendukung anggota keluarga. Setelah menyelesaikannya, mereka berkata "terima kasih" kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Biasanya mereka melakukannya di pagi hari, setelah menyiapkan makanan untuk ayah dan anak-anak. Tapi selain tujuan mengucapkan syukur kepada Tuhan, satu hal mengapa mereka melakukannya adalah dengan mencegah roh jahat mengalihkan perhatian mereka dan menciptakan kemalangan bagi keluarga.

7. Ngejot


Ngejot

Ngejot lebih seperti kebiasaan yang berakar dalam kehidupan sehari-hari. Mereka percaya pada karma, dan Ngejot hampir memiliki arti yang sama dengan Karma. Memberi seseorang hal yang baik, dan suatu hari keberuntungan akan datang kepada Anda secara tidak terduga. Karena itulah, banyak orang Bali sangat peduli dan baik satu sama lain.

Sebab, jika Anda memberi hal buruk kepada beberapa orang, Karma akan bekerja. Semua hal buruk akan sampai pada beberapa tubuh yang memberi mereka pada awalnya. Jadi dengan sikap itu, tak heran Bali lebih aman dari daerah lain di Indonesia, karena mereka benar-benar percaya pada Karma.

8. Melakukan Kharma Phala


Melakukan Kharma Phala

Kini Kharma Pala memiliki arti yang sama seperti "aktivitas" di atas, Ngejot. Tapi, Ngejot melibatkan "Karma" dalam bentuk memberi. Memberikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu. Namun, Kharma Phala seperti Karma sendiri, semua hal dalam kehidupan manusia yang akan memberi Anda sesuatu berdasarkan tindakan Anda.

Ya, Phala Kharma mencakup semua tindakan, bukan hanya memberi. Cara untuk mengatakan, cara bekerja, cara berkomunikasi, semua aspek dalam kehidupan kita termasuk dalam Phala Kharma ini. Anda akan mendapatkan sesuatu yang bagus pada akhirnya, jika Anda berhasil dengan baik dalam hidup Anda.

9. Tari Kecak di Bali


Tari Kecak di Bali

Siapa yang tidak tahu tarian epik ini. Tarian spesial ini sudah terkenal di mata dunia. Nah, tentu saja mereka lakukan karena tarian ini hanya bisa ditemukan di sini indonesia, bukan di tempat lain. Tarian ini melibatkan banyak orang, dan beberapa penari.

Kemudian, mereka mulai menari, menceritakan khalayak kisah epik Ramayana. Jika Anda kebetulan tidak mengetahuinya, nah Anda harus mulai membacanya. Ceritanya sudah diceritakan dengan baik, ditambah pesona orang membuat cerita lebih epik di panggung.

10. Ritual Pernikahan


Ritual Pernikahan Bali

Ini adalah ritual yang banyak pasangan tunggu, ritual pernikahan. Aspek yang paling penting dalam ritual ini adalah mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah membuat pasangan tersebut bertemu di beberapa tempat, dalam beberapa kesempatan, untuk akhirnya menjadi bersama dalam ikatan keluarga.

Nah, ritual pernikahan di Bali cukup panjang, tapi juga sangat mengasyikkan karena mereka juga menggunakan kesenian dalam semuanya. Ada lima ritual yang perlu dilakukan. Mereka semua sangat hebat, sangat artistik dan memiliki tingkat seni yang tinggi. Juga, Anda beruntung jika Anda terlibat dalam ritual tersebut.

11. Festival Budaya Bali


Festival Budaya Bali

Jika Anda begitu bersemangat dengan budaya Bali, nah ini adalah kesempatan sempurna Anda. Sebab, setahun sekali diadakan festival unik ini yang disebut Pesta Kesenian Bali, yang berarti Festival Budaya Bali. Di festival ini ada banyak yang harus ditonton, banyak yang bisa belajar tentang budaya yang ada di Bali.

Jadi jika Anda penasaran dengan sesuatu, Anda bisa belajar hal yang tepat di tempat. Semua hal yang selalu Anda inginkan tersedia di lokasi yang tepat ini. Nah, jika Anda pergi ke Bali, lebih baik periksa jadwal Anda, mungkin Anda bisa datang tepat waktu.

12. Festival Layng-layang Bali


Festival Layng-layang Bali

Selain Festival Budaya, Bali juga memiliki festival seru lainnya yang disebut The Kite Festival. Festival ini melibatkan banyak seniman layang-layang di seluruh nusantara. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya bermain layang-layang sendiri dengan harmonis. Langit tiba-tiba penuh dengan layangan warna-warni.

Anda bisa menemukan berbagai jenis layangan di sini, termasuk yang asing. Tapi mereka biasanya membuat mereka seakurat mungkin, menjaga budaya sebaik mungkin. Jadi, ada banyak layangan tradisional di sini. Lebih baik menembak mereka dengan kamera Anda!

Baca juga:

13. Nyepi


Nyepi


Nah, jika Anda datang ke Bali saat Nyepi terjadi, Anda sangat tidak beruntung. Jika Anda memiliki tujuan untuk menikmati semua atraksi sekalipun, karena kebanyakan mereka tutup, dan akan buka lagi lusa. Jadi, Anda tidak bisa melakukan sesuatu yang istimewa sampai besok datang.

Namun, untuk Anda benar-benar menyukai suasana tenang dan tenang, maka nikmatilah. Inilah situasi tenang yang sempurna, di mana Anda tidak dapat menemukan orang-orang di jalanan, mereka berada di rumah mereka, tidak melakukan apapun yang terhubung dengan dunia. Juga, tidak ada hiburan. Jadi diamlah!

14. Omed-omedan


Omed-omedan

Nah, siapa yang tidak suka berciuman? Bagi beberapa pasangan, itulah saat yang tepat. Tapi bagaimana jika, ada tradisi yang merangkul para remaja untuk berciuman. Inilah yang terjadi di sini, Banjar Kaja. Mereka membuat pria remaja dan remaja putri berciuman.

Saat itu agak lucu dan seru. Semua wanita agak "menolak" pria itu. Tidak semuanya tentu saja, hanya beberapa saja. Anda bisa melihat ketakutan di wajah mereka, mengetahui pria itu tidak se tampan seperti yang diharapkan.

15. Perang Api


Perang Api

Kami sudah membicarakan perang Pandan, yang sudah begitu brutal dan penuh darah. Tapi inilah aktivitas lain untukmu. Aktivitas keberanian dan kegilaan. Ya, ini perang api, perang menggunakan unsur api, tapi hanya diaplikasikan pada dedaunan sebagai senjata.

Nah, medan pertempuran terlihat cukup menyeramkan, Anda tidak bisa melihat apapun kecuali api dan kabut yang bercahaya. Hanya mereka, dan orang-orang bernyanyi. Sangat realistis bukan? Memiliki posisi di tengahnya sangat epik, tapi sangat berbahaya.

Demikianlah 15 Kegiatan Budaya di Bali yang Wajib Anda Lihat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon