17 Festival Populer di Lombok yang Harus Anda Tahu

17 Festival Populer di Lombok yang Harus Anda Tahu - Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Provinsi ini memiliki dua pulau besar yang terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dan kedua pulau ini siap menyambut Anda datang ke sana untuk berlibur. Anda akan takjub dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan berbagai festival budaya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa Festival terbaik di Lombok yang harus Anda tahu.

1. Festival Mentaram


Festival Mentaram

Festival kota Mataram akan menjadi salah satu primadona dalam acara pariwisata. Semua budaya di kota ini dipaparkan, di antaranya Suku Sasak, Sumbawa, Mbojo, Bali, dan masih banyak lagi. Selain itu, Budaya Pariwisata Lombok Sumbawa juga turut berpartisipasi dalam rangkaian festival ini. Selama satu bulan di bulan Agustus, Anda akan diajak untuk menikmati pertunjukan budaya, pameran, dan pertemuan yang dilakukan oleh seniman dan penduduk asli NTB.

2.  Festival Bau Nyale


Festival Bau Nyale

Festival Bau Nyale merupakan perayaan kegembiraan atas Putri Mandalika yang legendaris yang dengan rela terjun ke dalam maut di laut daripada menikah dengan Putra Mahkota Kerajaan Lombok.

Tradisi ini diperingati dengan menangkap cacing laut yang diyakini warga sebagai inkarnasi seorang putri dalam legenda Putri Mandalika. Pesta akan dilakukan di Pantai Kuta, Seger, A'an, Lombok Tengah. Jadi, pastikan Anda memesan waktu Anda untuk mengunjungi festival ini yang dilakukan setiap tahun dan bisa dijadikan sebagai momen yang romantis.

3. Pertunjukan Seni Pelajar NTB


Pertunjukan Seni Pelajar NTB

Pertunjukan Seni Pelajar NTB merupakan arena kesenian yang melibatkan pelajar di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat. Taman Budaya akan menjadi tempat bagi pelajar dan mantan seniman untuk menghasilkan inovasi dalam hal seni. Festival ini menghadirkan kolaborasi seni tradisional dan modern yang bisa dinikmati di sejumlah tempat wisata. Jadi pastikan untuk melihat Lomba Seni Pelajar Nusa Tenggara Barat pada bulan Februari setiap tahunnya.

4. Apresiasi Film Nasional NTB


Apresiasi Film Nasional NTB

Festival Apresiasi Film Nasional NTB dengan Bioskop akan menjadi fasilitas tempat hiburan baru yang disediakan bagi seluruh masyarakat NTB. Berbagai film nasional akan dimainkan untuk mengalihkan perhatian orang dari beberapa saluran Program Televisi yang kurang dididik di acara tv mereka. Teater mobile ini akan diselenggarakan bersama oleh masyarakat NTB setiap bulan sekali untuk juga membawa hubungan yang lebih baik diantara masyarakat di sana.

5. Pagelaran Wayang Kulit Sasak


Pagelaran Wayang Kulit Sasak

Pagelaran Wayang Kulit Sasak adalah kolaborasi wayang dengan teater, tari dan seni pertunjukan lainnya. Manfaat dari Festival ini diharapkan bisa menyulut kecintaan generasi muda untuk salah satu budaya asli Indonesia yaitu Wayang Kulit. Jadi jangan lupa nonton Festival Wayang Kulit Sasak setiap bulan Maret dan lihat cerita mendalam tentang Wayang Kulit yang dipajang disana.

6. Festival Tambora Manyapa Dunia


Festival Tambora Manyapa Dunia

Festival Tambora Manyapa Dunia diadakan untuk memperingati 200 tahun letusan Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815. Festival yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 April ini dilakukan oleh Dinas Pariwisata NTB. Selain acara ini maka Anda juga bisa menyaksikan Festival Mbojo atau Balapan Kuda yang dilakukan oleh anak kecil yang akan diselenggarakan pada 3-10 April untuk memperingati 201 tahun letusan Tambora.

Mulai dari pembuatan mural, jalur pelayaran pantai Gili, dan juga pelepasan penyu ke laut dan penanaman pohon akan menjadi rangkaian acara yang meramaikan festival ini.

7. Festival Nasional Musik Tradisi


Festival Nasional Musik Tradisi

Provinsi Nusa Tenggara Barat juga menyelenggarakan Festival Nasional Musik Tradisi. Acara tersebut diselenggarakan oleh Wisata Budaya NTB bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Festival Musik Tradisional ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan dan meningkatkan seni pertunjukan musik di Indonesia.

Bagi anda yang penggemar musik tradisional maka anda harus datang ke Nusa Tenggara Barat untuk menyaksikan Festival Musik Tradisional Nasional sekaligus menjajaki Pariwisata di Pulau Sumbawa atau Pulau Lombok.

8. Lombok Sumbawa Pearl Festival


Lombok Sumbawa Pearl Festival

Untuk keenam kalinya, Lombok Sumbawa Pearl Festival diadakan di Pantai Senggigi di Lombok. Festival yang digelar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ini telah digelar sejak 2010 silam. Acara ini diadakan dengan tujuan memperkenalkan Lombok sebagai produsen mutiara internasional dan menampilkan kekayaan mutiara di nusantara.

Selanjutnya bagi anda yang pecinta mutiara maka bisa menyaksikan Festival Mutiara Lombok setiap bulannya.

9. Musikalisasi Puisi dan Olah Seni


Musikalisasi Puisi dan Olah Seni

Juli akan menjadi bulan kesenian untuk Nusa Tenggara Barat (NTB). Berbagai acara kesenian akan digelar di sana seperti tarian, musik, sastra, teater dan pertunjukan seni rupa. Musikalisasi Puisi dan Seni diorganisir untuk memberi panggung kepada generasi muda berbakat di bidang seni. Acara ini juga dijadikan jalan bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat dan juga bagi Anda pecinta seni untuk menghargai karya seni generasi muda masyarakat NTB.

10. Festival Senggigi


Festival Senggigi

Selama sepekan, Lombok Barat akan dimeriahkan oleh berbagai atraksi, pameran, dan pesta rakyat. Festival Senggigi diadakan untuk mempromosikan kawasan wisata Lombok Barat. Acara yang akan digelar pada bulan September ini akan diisi dengan berbagai atraksi budaya dan tari, pertunjukan seni daerah dan modern dan berbagai pameran akan ditampilkan bagi wisatawan selama seminggu penuh di kawasan Pantai Senggigi.

11. Festival Gili Indah


Festival Gili Indah

Jika Lombok Barat memiliki Senggigi maka Lombok Utara memiliki Gili Indah yang siap dimeriahkan dengan lomba perahu layar, voli pantai, pesta kuliner, dan banyak acara lainnya. Juga di festival ini, mereka akan menampilkan ritual budaya warga Lombok Utara yang disebut pengasinan. Itulah ritual yang menceritakan tentang kearifan lokal warga Lombok Utara saat mengetahui tentang manfaat garam di Danau Gili Meno.

12. Festival Moyo


Festival Moyo

Parade Budaya akan diselenggarakan di Sumbawa pada tanggal 23 September sampai 30 Oktober. Acara tahunan bertajuk Festival Moyo ini menghadirkan atraksi Temung Nguri yang menceritakan tentang kemasyhuran Kesultanan Samawa dan tarian Getap Junjung Pasaji yang terdiri dari 24 peserta Parade Budaya dari 24 kabupaten yang juga ada di sana untuk memeriahkan rangkaian acara ini. Tema besar Festival Moyo tahun ini menggambarkan perkembangan pariwisata, ekonomi kreatif, dan investasi. Yang ditampilkan dalam berbagai acara di Festival Moyo

13. Festival Muharram


Festival Muharram

Setelah terpilih sebagai World’s Best Halal Destination, Lombok memperkuat akar Islam dengan menawarkan paket wisata Islami. Festival Muharram tahunan di Lombok Timur (Lotim) akan menjadi salah satu brandings wisata halal NTB. Pemerintah dikabarkan akan bersiap kembali untuk kegiatan Festival Muharram agar bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini. Festival menyambut tahun baru kalender Islam ini akan digelar di Lombok Timur.

14. Festival Lakey


Festival Lakey

Kompetisi selancar atau surfing terbesar akan berlangsung di Hu'u Lakey pada bulan Oktober. Pantai Lakey merupakan salah satu kawasan wisata di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pantai di Kabupaten Hu'u selatan ibukota Kabupaten Dompu dikatakan sebagai salah satu tempat berselancar terbaik di dunia. Peselancar lokal dan mancanegara sering menguji ombak Pantai Lakey. Peselancar dalam dan luar negeri akan ditantang untuk menaklukkan salah satu ombak terbaik di dunia dalam Festival Lakey.

15. Festival Taliwang


Festival Taliwang

Festival Taliwang merupakan kegiatan yang melibatkan Balapan Kebo, Kebo Hias, dan Seni Pertunjukan Kuno. Festival budaya ini diselenggarakan pada tanggal 13-19 November dan merupakan kegiatan kolaborasi Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Pusat. Ini karena Festival Taliwang dikategorikan dalam kalender karena promosi pariwisata untuk NTB perlu membawa peningkatan aktivitas pariwisata

16. Festival Peresean


Festival Peresean

Seni bela diri telah ada sejak zaman kerajaan di Lombok, yang awalnya merupakan semacam pedang dan perisai sebelum pergi ke medan perang. Dalam perkembangannya, sampai sekarang senjata yang digunakan dalam tradisi ini berupa rotan dengan lapisan aspal dan pecahan kaca yang dirapikan, sedangkan perisai terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Setiap pemain dilengkapi dengan ikat kepala dan kain panjang.

Pertandingan akan dihentikan jika salah satu pemain berdarah atau acara tersebut dihentikan oleh dewan juri. Festival Peresean diadakan setiap tahun di Kabupaten Lombok Timur

17. Tandang Mendet


Tandang Mendet

Tari Tandang Mendet berasal dari kata "Mendet" yang berarti sukacita atau kesuksesan. Tarian Mendet atau tarian perang adalah salah satu tarian yang ada sejak masa gemilang kerajaan Selaparang yang digambarkan oleh para pejuang yang melakukannya. Tarian ini dilakukan oleh puluhan orang berpakaian dengan tombak, perisai, pedang dan disertai drum dan nyanyian yang menceritakan tentang keberanian dan perjuangan prajurit tersebut.

Festival di Lombok ini dimaksudkan sebagai cara untuk menarik banyak orang luar untuk datang dan mengunjungi pulau tersebut. Hal ini akan, pada gilirannya, meningkatkan ekonomi lokal di sana dan membawa kemakmuran bagi banyak orang. Dan juga festival ini bisa dianggap sebagai cara melestarikan tradisi lokal sehingga bisa diwariskan untuk generasi mendatang.

Demikianlah 17 Festival Populer di Lombok yang Harus Anda Tahu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon