10 Destinasi Wisata Populer di Papua Barat yang Bikin Orang Jatuh Hati

10 Destinasi Wisata Populer di Papua Barat yang Bikin Orang Jatuh Hati - Papua Barat (dahulu provinsi Irian Jaya Barat) adalah salah satu provinsi di Indonesia, yang terletak di bagian barat New Guinea. Ibukota provinsi ini adalah Manokwari. Papua Barat dan Papua adalah provinsi yang mendapatkan status otonomi khusus. Berikut adalah 10 tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang bisa Anda nikmati bersama teman maupun keluarga.

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Teluk Wondama


Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Teluk Wondama

Selain Raja Ampat, tempat ini juga sangat populer di kalangan pecinta alam bawah laut, terutama yang menyukai kegiatan menyelam. Tempat ini merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia yaitu 89,8% wilayahnya adalah perairan laut. Ada sekitar 209 spesies ikan yang mendiami wilayah ini; Mereka adalah ikan kupu-kupu, angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish dan anemon. Selain itu, ada empat jenis penyu yang sering mendarat di Taman Nasional yaitu penyu sisik, penyu hijau, olive ridley dan kura-kura penyu belimbing. Bahkan dugong, paus biru, kepiting kelapa, lumba-lumba dan hiu juga sering terlihat di perairan Taman Nasional Teluk Cendrawasih.

Selain wisata bahari, di tempat ini juga ada goa alam yang merupakan peninggalan mata air panas kuno yang mengandung belerang tanpa kadar garam di Pulau Misowaar, gua bawah laut di atas tanjung Mangguar. Sejumlah relik dari abad ke-18 masih bisa dijumpai di beberapa tempat, seperti Wendesi, Wasior dan Yomber. Banyak orang Kristen mengunjungi gereja tersebut di desa Yende (Pulau Roon), hanya untuk melihat kitab suci yang diterbitkan pada tahun 1898.

2. Situs Purbakala di Tapurarang


Situs Purbakala di Tapurarang

Situs yang berada di Kecamatan Kokas, wilayah Fakfak merupakan peninggalan masa prasejarah. Situs tersebut berupa lukisan tangan dan hewan manusia di tebing batu yang sangat curam. Lukisan prasejarah yang terkandung di tebing ini bisa ditemukan di Andamata, Fior, Forir, Darembang dan Goras. Satu hal yang membuat situs ini begitu menarik adalah meski berumur ratusan tahun, kualitas lukisannya masih terlihat sampai hari ini. Warna merah dalam lukisan tebing ini menyerupai warna darah manusia sehingga masyarakat setempat menyebutnya lukisan cat cap tangan.

3. Raja Ampat


Raja Ampat

Keindahan dunia bawah laut di Raja Ampat sangat populer di seluruh dunia. Dari sekitar 610 pulau kecil di daerah ini, hanya 35 pulau yang dihuni oleh masyarakat. Terumbu karang di perairan Raja Ampat dinilai paling komprehensif di dunia karena 537 spesies karang yang dikenal di dunia, 75 persen berada di perairan ini. Selain itu, setidaknya ada 1.104 spesies ikan, 669 spesies moluska dan 537 spesies hewan karang yang ada di perairan perairan. Raja Ampat telah dan akan selalu menjadi tujuan wisata paling terkenal di Indonesia selain Bali.

4. Taman Nasional Gunung Meja, Manokwari


Taman Nasional Gunung Meja, Manokwari

Taman Wisata Alam Gunung Meja terletak di pusat kota Manokwari. Tempat ini memiliki fungsi utama untuk pariwisata dan rekreasi luar ruang, perlindungan sistem pendukung kehidupan dan pelestarian keragaman tumbuhan, hewan dan keunikan alam. Di tempat ini Anda bisa melakukan kegiatan trekking, hiking dan lain-lain. Mata Anda akan dimanjakan oleh flora hutan tropis yang sangat beragam dan memiliki bentuk yang unik. Tempat ini diyakini memiliki ratusan jenis pohon, puluhan jenis semak, semak, liana dan paku serta tumbuhan, belum lagi selusin spesies anggrek dan beberapa jenis telapak tangan.

5. Kuliner di Tembok Berlin, Sorong


Kuliner di Tembok Berlin, Sorong

Sorong bukan hanya titik transit sebelum menuju ke Raja Ampat karena banyak hal menarik yang bisa Anda lihat dan rasakan disini; Tur kuliner di "Tembok Berlin" adalah salah satunya. Nama "Tembok Berlin" diambil dari tembok yang pernah memisahkan Jerman Timur dan Jerman Barat, meski tidak terlihat seperti itu. Tembok Berlin di Sorong adalah dinding yang memisahkan pantai dengan garis pantai yang memanjang. Sore hari, kawasan ini sering dijadikan tempat berkumpulnya wisatawan dan warga untuk melihat sunset dan pada malam hari tempat tersebut akan berubah menjadi food court, terutama seafood.

6. Danau Sentani


Danau Sentani

Kunjungan ke Danau Sentani bisa menyenangkan; Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan pegunungan sebagai latar belakang. Di sekitar danau dengan menggunakan perahu dan menikmati angin sepoi-sepoi di Danau Sentani adalah pengalaman yang indah. Di sekitar danau ada lukisan batu dan sisa-sisa Perang Dunia II.

7. Desa Sawinggrai


Desa Sawinggrai

Desa Sawinggrai terletak di distrik Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat. Yang menarik dari desa Sawinggrai adalah burung cendrawasih; Disini anda bisa melihat burung cendrawasih di alam bebas. Burung cendrawasih biasanya berdansa dan memamerkan keindahan dari para sersan untuk mendapatkan sepasang. Desa Sawinggrai merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di papua barat.

8. Teluk Triton


Teluk Triton

Teluk Triton terletak di Kaimana, Papua Barat. Anda bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan keindahan yang menawan. Banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di Triton Bay, terutama bagi pecinta petualangan dan menyelam.

Bila Anda pergi ke daerah ini Anda akan menemukan tebing karang Maimai dan lukisan prasejarah di dindingnya. Uniknya lukisan itu dilukis di tebing yang sulit dijangkau dengan menggunakan tangan kosong. Meski terbuat dari bahan alami, namun warnanya masih terlihat jelas. Lukisan tengkorak, telapak tangan dan binatang menunjukkan bahwa masyarakat kuno menyukai perburuan.

9. Pulau Mansinam


Pulau Mansinam

Objek wisata lainnya di Papua Barat adalah Pulau Mansinam. Anda bisa menikmati keindahan bangkai kapal karam yang tenggelam di laut. Ya, Marsinam sangat cocok sebagai tempat menyelam. Bangkai bangkai kapal karam yang telah ditumbuhi oleh terumbu karang dan digunakan oleh ikan kecil seperti rumah dengan berbagai macam warna benar-benar mengabaikan pemandangan indah dan eksotis.

10. Wisata Bahari Sauwandarek


Wisata Bahari Sauwandarek

Di Baliem Anda bisa berinteraksi dengan suku yang tinggal di pegunungan, di desa Sauwandarek Anda bisa bertemu langsung dengan suku asli yang tinggal di pesisir pantai. Desa Sauwandarek masih berada di wilayah Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Di sini, Anda bisa melihat rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan atap jerami. Hanya ditempati oleh 46 rumah tangga. Wanita disini biasa membuat topi dan kantong daun pandan laut. Jika Anda menyukai karya mereka mereka, Anda bisa membelinya di tempat.

Demikianlah 10 Destinasi Wisata Populer di Papua Barat yang Bikin Orang Jatuh Hati. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon