10 Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

10 Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran - Berbicara tentang Pangandaran, kata pertama yang masuk ke dalam pikiran kita pasti "pantai". Pangandaran sangat terkenall dengan pantainya, tidak hanya di kalangan masyarakat Indonesia, tapi juga di kalangan masyarakat internasional. Meski di pantai Pangandaran memiliki panorama yang indah dan atraktif, namun apakah objek wisata di Pangandaran hanya pantainya? Tentu saja tidak. Berikut ini adalah 10 tempat wisata terkenal dan terbaik yang harus Anda kunjungi di Pangandaran.

1. Citumang Green Valley


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Citumang Green Valley adalah tempat wisata alam berupa pemandian yang sangat menakjubkan dan mempesona. Citumang itu sendiri adalah nama sungai, keindahan dan daya tarik dari sungai ini terletak pada lokasi sungai yang membelah hutan jati.

Jadi ketika wisatawan berlibur di Citumang, wisatawan pasti akan terkagum-kagum dengan pemandangan indah diantara tenangnya arus sungai yang berwarna hijau agak kebiruan ditambah banyaknya deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Dan terakhir indahnya relief tebing yang menakjubkan di sepanjang jalan dan bisa memanjakan mata Anda saat berenang disana.

2. Pantai Batu Karas


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Pantai Batu Karas Terletak di desa Batu karas, sekitar 34 Km dari Pangandaran. Pantai ini memiliki suasana tenang dan ombak yang bersahabat, sehingga Anda bisa menikmatinya tanpa harus takut terbawa ombak.

Tempat wisata ini juga penting bagi mereka yang menyukai surfing karena pantainya adalah integrasi dari Pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran. Anda bisa menginap di hotel atau tempat penginapan di sekitar pantai, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan indah saat matahari terbit dan terbenam. Pantai Batu Karas juga sangat cocok menjadi tempat liburan bersama keluarga, khususnya bersama anak kecil Anda.

3. Cukang Taneuh "Green Canyon Pangandaran"


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Cukang Taneuh atau biasa disebut sebagai Green Canyon oleh orang Prancis pada tahun 1993. Grand Canyon terletak di desa Kertajaya, Cijulang, Ciamis. Dari Ciamis Anda harus melewati perjalanan 130 KM dari Pangandaran.

Di tempat wisata, Anda bisa menyewa kapal dengan harga Rp 75.000 (mungkin untuk saat ini harga naik) yang bisa digunakan oleh 5 orang atau 7 orang. Perahu dapat disewa dari jam 7.30 pagi sampai 4 sore. Anda bisa menikmati keindahan jurang dengan air dingin dan tampilan hijau yang atraktif. Selain itu, Green Canyon dekat dengan lokasi wisata Pantai Batu Karas dan juga bandara Nusawiru.

4. Pantai Pangandaran


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Pantai Pangandaran tentunya harus Anda kunjungi ketika di Pangandaran. Pantai ini menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Pangandaran. Terletak di Desa Penanjung, Kecamatan Pangandaran. Jika Anda datang dari arah Ciamis, Anda harus pergi ke selatan sekitar 92 KM.

Di pantai Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan, berenang dengan aman (namun beberapa pantai ada yang tidak bisa di pakai renang),  pantai yang landai dan juga menikmati taman laut. Pantai Pangandaran terkenal dengan pasirnya yang putih. Untuk mencapai lokasi, akses jalan telah ditingkatkan dengan aspal dan lampu yang bagus.

5. Goa Sumur Mudal


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Gua alami yang ada di Pangandaran juga menjadi tempat wisata favorit para wisatawan. Salah satunya adalah Goa Sumur Mudal.

Nama gua itu diberikan seperti dulu ada sumber air di dalam gua yang menyerupai sumur dengan air yang keluar melewati batas (mudal). Goa Sumur Mudal adalah salah satu tempat wisata yang tidak bisa Anda lewatkan saat Anda mengunjungi Pangandaran.

6. Curug Bojong


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Curug Bojong ini sebenarnya bernama Curug Sawangan. Tapi, curug itu sudah terkenal dengan nama Curug Bojong karena airnya berasal dari desa Bojong. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini dari Pangandaran, naiki jalan Babakan ke Sakahuri dengan perjalanan sekitar 6 KM.

7. Pantai Keusik Luhur


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Pantai Keusik Luhur terletak di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, atau sekitar 45 KM dari Pangandaran. Integrasi alam dan laut biru menjadi ciri khas pantai.

Dari atas bukit yang ada di pantai, Anda bisa melihat pemandangan ombak menumbuk terumbu karang. Nama Keusik Luhur diambil dari latar belakang pantai. Keusik yang berarti pasir, dan Luhur yang berarti tinggi. Nama itu diambil sejak ombak besar yang membuat pasir mengalir ke bebatuan.

8. Santirah River Tubing


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Apakah Anda suka tur air yang memacu adrenalin? Anda bisa datang ke Santirah River Tubing. Disini Anda akan mengalami arung jeram tanpa menggunakan perahu karet, tapi menggunakan ban besar.

Arus Sungai Santirah yang berada di desa Selasari akan membuat Anda basah kuyup dengan sensasi terhuyung-huyung antara arus dan bebatuan sungai. Jarak antara lokasi wisata dari pusat kota hanya 15 KM.

9. Saung Muara


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Jika Anda mencari pantai yang bisa menjadi tempat berkemah bersama keluarga atau teman, maka Saung Muara adalah tempat yang tepat. Terletak di ujung jalan Pamugaran, lokasinya bisa ditempuh dari pintu masuk Pangandaran, belok kanan dan melewati jalan 1 KM. Anda akan menemukan pemandangan indah dengan udara dingin dan Mangrove disekitarnya.

Disini, Anda bisa menikmati pemandangan nelayan yang mencari ikan. Saung Muara memiliki fasilitas seperti gazebo dan musholla. Anda juga bisa menikmati wisata kuliner di loket di sepanjang pantai. Menikmati pemandangan matahari terbenam sambil menikmati BBQ bersama teman atau keluarga akan menjadi momen yang tak terlupakan di sini.

10. Pantai Krapyak


Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran

Ada begitu banyak pantai menarik di Pangandaran. Jika Anda bosan dengan Pantai Pangandaran dan Batu Hiu, Anda bisa mengunjungi Pantai Krapyak. Tempat wisata ini terletak di desa Bagolo, Kecamatan Kalipuncang, Ciamis atau sekitar 20 KM dari Pantai Pangandaran. Jika Anda dari arah alun-alun kota Ciamis, Anda akan melewati sekitar 78 KM.

Yang menarik adalah jalan ke pantai cukup bagus dan ada juga rambu jalan yang ada. Namun, masih belum ada angkutan umum yang tersedia, jadi Anda perlu memakai transportasi pribadi kesini.

Demikianlah 10 Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pangandaran. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang pecinta misteri yang selalu mencari fakta maupun mitos yahg beredar di seluruh dunia 

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon