5 Tempat Populer di Yogyakarta Dengan Misteri yang Masih Ada

5 Tempat Populer di Yogyakarta Dengan Misteri yang Masih Ada - Yogyakarta dikenal dengan keindahan alamnya, warisan budaya dan budaya bangsawan Jawa yang terawat baik dengan Keraton dan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Tapi Yogyakarta, atau hanya Jogja, juga menyimpan banyak misteri, yang tak lepas dari budaya campuran Jawa-kolonial kota yang indah.

Selalu menarik, dan pada suatu saat, mendebarkan, melihat dan mendengar tentang misteri suatu tempat. Mungkin misteri ini menambah pesona kota ini di mata orang asing, dan itulah sebabnya beberapa tempat misterius di Jogja juga terkenal.

Pulung Gantung - Gunung Kidul


Tempat Populer di Yogyakarta Dengan Misteri

Di Kabupaten Gunung Kidul, ada fenomena yang disebut Pulung Gantung. Pulung berarti "bola api yang menyala", dan kehadirannya selalu mengundang perasaan ngeri dan tidak enak seolah ada sesuatu yang mengerikan yang akan terjadi. Pulung Gantung membuat orang gila, dan mereka yang melihatnya (diyakini) akhirnya bunuh diri.

Penduduk setempat percaya bahwa pesan kematian pembawa pesan berwarna merah dan cerah, sedangkan kebaikan-carrier pulung berwarna putih dengan sedikit hijau dan biru. Seakan membenarkan legenda, kawasan Gunung Kidul membanggakan banyak kasus bunuh diri. Rata-rata ada sembilan kasus bunuh diri per 100.000 penduduk per tahun, yang berarti 33 kasus bunuh diri per tahun, lebih tinggi dari Jakarta.

Keraton Yogyakarta


Tempat Populer di Yogyakarta Dengan Misteri

Keraton Yogyakarta atau Keraton adalah salah satu bangunan tertua di Jogja yang menyimpan banyak cerita dari masa lalu. Legenda urban mengatakan bahwa kediaman Sultan Jogja dijaga oleh banyak makhluk tak terlihat, jadi siapa pun yang mengunjungi istana harus menjaga sikap baik. Menurut kepercayaan lokal, mereka yang memiliki niat jahat akan mendapatkan beberapa "peringatan" dari penjaga istana yang tak terlihat.

Pasar Bubrah, dekat Gunung Merapi


Tempat Populer di Yogyakarta Dengan Misteri

Pasar Bubrah, atau Pasar Bubrah, terletak sekitar satu kilometer dari puncak Merapi dan sering dijadikan base camp untuk pendaki gunung. Nah, itu bukan pasar, mengingat letaknya naik tinggi di gunung vulkanik yang aktif. Ini adalah tempat legenda urban yang terkenal di daerah Yogyakarta, dengan nama panggilan "pasar hantu".

"Tentunya Gunung Merapi adalah kerajaan roh. Tapi tidak semua orang bisa melihatnya, hanya mereka yang memiliki kemampuan (paranormal), atau kapan penguasa alam yang tak terlihat dengan sengaja ingin mengungkapkan keberadaannya, "kata Mbah Marijan, juru kunci akhir Merapi.

Tempat itu mendapat namanya karena suatu alasan. Tempat ini memiliki reputasi sebagai pusat kegiatan yang tidak dapat dijelaskan dan kegiatan paranormal, dengan pendaki gunung yang tak terhitung jumlahnya sebagai saksi. Seorang pendaki gunung menulis di blognya bahwa begitu dia berkemah di Pasar Bubrah, dan di tengah malam teman-temannya dan dia mendengar suara gamelan seolah-olah orang-orang dari sebuah desa mengadakan sebuah perayaan.

Tapi tidak ada orang di sana kecuali mereka. Dalam perjalanan mereka turun, pemandu mereka meminta mereka untuk bergegas, namun menolak untuk menjelaskan apapun. Begitu sampai di rumah Mbah Marijan di Kinahrejo, dia menjelaskan bahwa penghuni Merapi tak terlihat sedang mencari pengorbanan, oleh karena itu dia mendesak teman-temannya untuk bergegas. Hari itu, seorang pendaki gunung Jerman yang sedang melakukan penelitian meninggal di dekat puncak Merapi.

Legenda menyebutkan bahwa Ratu Pantai Selatan terikat oleh kesepakatan kuno dengan penguasa awal Keraton Ngayogyakarta, Sultan Agung, bahwa dia akan secara teratur berkorban dari kalangan bangsanya. Kesepakatan tersebut diyakini masih utuh.

Gua Jepang


Tempat Populer di Yogyakarta Dengan Misteri

Gua Jepang, gua Jepang, juga menambah daftar tempat paling misterius di Jogja. Ada dua diantaranya: Gua Jepang Puncong di Jalan Jogja-Parangtritis dan yang lainnya adalah Gua Jepang Kaliurang, terowongan bawah tanah yang terletak di kaki Gunung Merapi. Kita bicara tentang Kaliurang.

Dulu, gua tersebut dijadikan tempat penyiksaan tahanan oleh tentara Jepang. Dengan banyak kematian terjadi di gua ditambah suasana tegang, banyak orang telah melaporkan penampakan hantu di sini. Aktivitas paranormal yang berulang mulai dari suara tentara, tentara berbaris, hantu seorang prajurit yang berlumuran darah, entitas tak terlihat menangis meminta pertolongan dan hantu lokal yang disebut pocong.

Pantai Parangkusumo


Tempat Populer di Yogyakarta Dengan Misteri

Bahkan di era modern ini, legenda Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan) masih utuh. Legenda menyebutkan bahwa daerah pantai selatan yang dianggap angker adalah pantai Parangkusumo, dimana pelabuhan Keraton Yogyakarta berlangsung. Pantai ini diyakini merupakan gerbang magis Istana Kidul, rumah okultisme Kanjeng Ratu Kidul. Mitos yang menyebar mengenai pantai ini adalah, mereka yang memakai warna hijau di pantai bisa diseret oleh ombak dan meninggal. Hijau diyakini sebagai warna kesukaan sang ratu, seperti yang sering terlihat pada lukisannya.

Demikian 5 Tempat Populer di Yogyakarta Dengan Misteri yang Masih Ada. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon