6 Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Anda Coba

6 Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Anda Coba - Yogyakarta (diucapkan 'Jogjakarta' dan disebut Yogya atau Jogja), adalah tempat bahasa Jawa paling murni, seni Jawa paling cemerlang dan tradisinya paling terlihat. Sangat mandiri dan protektif terhadap kebiasaannya. Dibalik tradisi dan budayanya yang khas, Yogyakarta juga mempunyai makanan khas paling terkenal yang wajib Anda santap ketika berlibur di Yogyakarta.

1. Nasi Gudeg


7 Makanan Khas yang Wajib Anda Coba di Yogyakarta

Yogyakarta juga dikenal sebagai kota Gudeg karena merupakan kota yang khas. Turis domestik dari daerah lain di Indonesia pasti akan memiliki hidangan ini saat mereka mengunjungi kota ini.

Nasi berarti nasi dan gudeg sebenarnya nangka. Sepiring nasi nangka terdiri dari nasi putih, ayam kampung, kulit sapi dengan saus kacang pedas dan satu sendok nangka kecap manis.

Walaupun banyak orang suka nangka, mencampurnya dengan sepiring hidangan gurih hanya terasa aneh. Anda akan membutuhkan rasa yang diperoleh untuk menikmatinya tapi itu adalah spesialisasi jadi cobalah!

2. Tempe Bacem


7 Makanan Khas yang Wajib Anda Coba di Yogyakarta

Ini adalah makanan populer yang berasal dari Jawa, terbuat dari kedelai dan melalui proses fermentasi, ia mengikat kedelai bersama-sama mengubahnya menjadi sumber pokok protein yang dikenal sebagai tempe.

Ini tempe direbus dengan gula aren dan rempah-rempah, lalu digoreng selama beberapa menit untuk mencapai rasa manis. Memakannya bersama nasi ketan, rasanya sangat lezat. Jika Anda ingin sedikit kepedasan untuk mengatasinya, makanlah bersama dengan beberapa cabai hijau mentah. Ini bisa dimakan sebagai hidangan utama saat makan atau sebagai camilan sendiri.

3. Leker


7 Makanan Khas yang Wajib Anda Coba di Yogyakarta

Leker adalah lapisan tipis panekuk renyah dengan pilihan tambalan di dalamnya. Anda bisa memilih dari tambalan seperti coklat, pisang, stroberi, air susu. Dipenuhi dengan coklat dan irisan pisang. Itu benar-benar yummy. Cocok dijadikan makanan ringan pre-dinner dan akan membuat Anda berkesan dengan pasangan Anda.

4. Restoran jamur


7 Makanan Khas yang Wajib Anda Coba di Yogyakarta

Jika Anda pecinta jamur, Anda akan menyukai restoran ini! Setiap hidangan di menu (kecuali minuman dan makanan pencuci mulut) bukan terbuat dari jamur. Anda bisa memesan jamur goreng, sup jamur pedas, jamur lumpia dan penyat jamur.

Ini memiliki bau dan rasa khas dari sate panggang kecuali bila Anda menggigitnya, teksturnya baik. Jika Anda berlibur ke Yogyakarta Anda harus mengunjungi restoran ini dan mulai memakan jamur disana. Alamat nya di Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta.

5. Bubur Campur/Sum-Sum


7 Makanan Khas yang Wajib Anda Coba di Yogyakarta

Bubur Campur juga dikenal sebagai bubur campuran. Nasi lengket dihaluskan dan bahan ditambahkan ke dalamnya menciptakan rasa dan warna yang berbeda. Biasanya makan pagi sebagai sarapan.

Namun sebagian orang akan merasa aneh ketika pertama kali mencobanya. Tetapi makanan ini sangat sehat dan sangat baik khusunya untuk Anda yang sedang diet.

6. Sate Petir


7 Makanan Khas yang Wajib Anda Coba di Yogyakarta

Anda tidak perlu takut, nama petir yang mengagetkan ini tidak akan membunuh tetapi akan memanjakan lidah para penikmat kuliner yang pedas di Yogyakarta. Kuliner Jogja tepatnya di Jalan Lingkar Selatan, Tirtonimolo 90, Kasihan, Bantul. Percayalah, walaupun Anda sangat benci daging kambing, Anda akan sangat suka dengan semua hidangan ini. Apalagi Anda yang sangat cinta pedas.

Demikian 6 Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Anda Coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon