5 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

5 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba - Jika Anda menyukai masakan Indonesia, saya rasa Anda harus menjadi pelanggan setia di setiap restoran Indonesia. Jika demikian, saya yakin Anda sudah familiar dengan makanan utama Indonesia, seperti 'soto', sup ayam dengan ramuan warna kekuningan 'kunyit'. 

Jika Anda kebetulan berada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, ada beberapa makanan khas lokal yang harus Anda coba, makanan ini mungkin tidak ada di wilayah lain di Indonesia! Berikut adalah 5 makanan khas Surabaya Jawa Timur yang paling sederhana, yang menurut saya sangat lezat

1. Rawon

Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Rawon mungkin salah satu sup paling gelap di dunia. Ini adalah sup daging sapi hitam yang sangat gurih, dimana warnanya kontras dengan nasi putih yang selalu hadir menemani masakan Indonesia.

Warna gelapnya berasal dari sejenis ramuan yang disebut 'kluwak', terbuat dari kacang 'kluwak' olahan, yang juga membuat rawon terasa sedikit pahit. Untuk rawon yang populer di Surabaya, pergilah ke restoran 'Depot Anda Fit' yang terletak di Jalan H.R. Mohammad di Surabaya bagian barat.

2. Rujak Cingur


Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Indonesia memiliki beberapa jenis rujak yang pedas, tapi 'rujak cingur' sulit ditemukan, kecuali saat Anda bepergian ke Jawa Timur. Ini berisi sayuran mentah dan buah-buahan, seperti mentimun, nanas, dan mangga muda, ada juga kangkung dan bengkoang. 

Irisan mulut sapi dan atau bagian moncong adalah bagian tak terpisahkan dari rujak pedas ini, yang jika Anda belum pernah memakannya sebelumnya, Anda akan terkejut saat mengetahui bahwa itu sebenarnya potongan daging sapi yang paling enak! 

Biasanya dimakan dengan kerupuk, ini mungkin adalah rujak tergelap di dunia, karena bahan utama dalam saus pedas adalah sejenis udang fermentasi yang diberi nama 'petis', yang gelap dan amis. Banyak 'warung' (tempat makan kecil atau warung makan) menyajikan keistimewaan ini, tapi jika kebetulan berada di Surabaya Plaza Mall, pergilah ke restoran bernama 'Rujak Cingur' yang terletak di lantai 2.

3. Tahu Tek


Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Ini adalah makanan makan malam yang paling umum di kota-kota dan desa-desa di seantero jawa timur, yang dijual oleh penjaja makanan dengan sepeda roda tiga yang dimodifikasi sebagai dapur bergerak. Ini adalah telur dadar yang terbuat dari telur yang telah diacak bersama dengan dadih kacang, dan kemudian digoreng sebelum telur dadar diisi dengan saus kacang manis dan gurih (saus yang sama dengan 'rujak cingur') dan krupuk. 

Anda hanya bisa menemukan 'tahu tek' setelah senja, karena saat itulah mereka turun ke jalanan dan memukul gong bambu (kedengarannya seperti 'tek tek tek', dan itu kata 'tek' berasal) untuk menarik orang ke keluar dari rumah mereka dan beli makanannya. Untungnya, Anda tidak perlu menunggu sampai matahari terbenam untuk mencicipinya karena ada beberapa restoran yang menjualnya, termasuk Mama Chicken, yang terletak di hampir setiap mall di kota.

4. Lontong Balap


Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Lontong balap adalah makanan khas Surabaya. Tak heran orang dari daerah lain di Indonesia selalu menantikan makan lontong balap, karena inilah salah satu hal yang paling terkenal di Surabaya. Ini adalah sup daging sapi coklat dengan lontong (kue beras Jawa), taoge, tahu goreng, dan 'lento' (kue kacang hijau goreng), di atasnya dengan bawang merah goreng. 

Untuk 'lontong balap' yang paling populer di kalangan penduduk setempat, pergilah ke 'Lontong Balap Pak Gendut', sebuah 'warung kaki lima' (istilah untuk warung makan yang terletak di pinggir jalan), terletak di Jalan Kranggan. Kios sudah ada sejak tahun 1956 dan selalu dikemas dengan penggemar 'lontong balap', terutama saat makan siang.

5. Lontong Kikil


Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Dari 5 makanan Surabaya yang berbeda, yang satu ini benar-benar tidak bisa dilewatkan karena merupakan makanan wajib bagi banyak orang Jawa di Jawa Timur saat mereka mengadakan pesta besar atau pernikahan. Seperti banyak daerah lain di Asia, hampir semua bagian sapi dapat dimakan, termasuk kaki, yang sebenarnya merupakan salah satu bagian paling fattiest. 

Jika Anda berada di Surabaya, sangat disayangkan jika Anda melewatkan makan 'lontong kikil', sup daging sapi yang tebal dan gurih dengan 'lontong' dan 'kikil', kaki sapi. Hal baiknya adalah Anda tidak perlu menghadiri pesta pernikahan untuk memakannya. Anda bisa pergi ke Jalan Kuta', di mana Anda akan menemukan 'food truck' (empat, atau lebih kendaraan beroda berfungsi sebagai counter makanan) bernama 'Lontong Kikil Kutai Jaya', yang memiliki meja dan kursi untuk pelanggan. Buka setiap hari sampai jam 11 malam.

Demikianlah 5 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon