8 Makanan Enak di Bandung yang Wajib Anda Coba

8 Makanan Enak di Bandung yang Wajib Anda Coba - Sebagian besar makanan yang ditemukan di Bandung berasal dari bahasa Sunda dan meskipun Anda mungkin menemukan hidangan serupa di seluruh Indonesia, varietas Bandung biasanya unik dengan harga yang sebenarnya meskipun mereka tidak dapat mengklaim diri sebagai makanan asli.

Meskipun tidak memiliki identitas kuliner yang pasti dibandingkan dengan kota-kota lain seperti Medan di Sumatera, Anda pasti tidak akan kelaparan di sini, dan perjalanan ke pulau Jawa ini adalah kesempatan sempurna untuk makan di sekitar kota ini.

1. Serabi


Makanan Enak di Bandung

Serabi, juga dikenal sebagai Surabi, adalah jawaban Indonesia untuk pancake yang dibuat dengan tepung dan kemudian dimasak dalam cetakan tanah liat khusus di atas arang untuk membantu mereka menjaga bentuknya. Terkadang pancake bisa dibumbui dengan pandan yang menghasilkan versi serabi hijau pastel yang cantik. 

Serabi biasanya tebal dan lebih seperti campuran antara kue dan disajikan dengan saus gula aren dan santan yang disiram di atas untuk memberi mereka tendangan yang manis. Saat ini beberapa serabi bisa disajikan dengan topping berbeda seperti serutan keju, taburan coklat, atau irisan pisang. Ini biasanya makanan jalanan dan bisa ditemukan saat sarapan pagi meski Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai makanan ringan setiap saat sepanjang hari.

2. Batagor


Makanan Enak di Bandung

Batagor dimakan di seluruh Indonesia meskipun dikatakan berasal dari Jawa Barat dan merupakan salah satu makanan khas Bandung. Namanya berasal dari singkatan dari ramuan yang digunakan di piring, bakso tahu goreng, atau bakso goreng dan tahu. Hidangan ini biasanya dimakan sebagai camilan daripada makanan lengkap dan disajikan dengan bola ikan goreng yang biasanya terbungkus dalam adonan renyah atau diisi di dalam potongan tahu yang hidangan ini terkenal.

3. Lotek


Makanan Enak di Bandung

Lotek adalah hidangan Sunda yang pada dasarnya merupakan versi lain dari salad paling terkenal di Indonesia, gado-gado. Lotek terbuat dari sayuran seperti taoge dan sayuran lainnya, juga termasuk potongan tahu. Bahan-bahan salad ditutupi saus kacang pedas yang mengingatkan pada gado-gado meskipun dua piring menggunakan bumbu yang sedikit berbeda dalam saus. Lotek juga hadir dengan kerupuk dan disajikan dengan lontong yang semakin menambah rasa kelezatan lotek.

4. Pisang Molen


Makanan Enak di Bandung

Pisang molen adalah kudapan klasik yang ditemukan di seluruh Bandung dan terdiri dari pisang yang terbungkus kue kering. Pisang tersebut kemudian digoreng sehingga pastelnya mengembang hingga memberikan semacam cangkang renyah di sekitar interior yang lembut. Camilan ini sangat populer sehingga banyak orang membeli pisang molen sebagai hadiah untuk dibawa pulang pada akhir perjalanan ke Bandung.

5. Soto Bandung


Makanan Enak di Bandung

Soto adalah sejenis sup yang terkenal di seluruh Indonesia dan bervariasi menurut masing-masing daerah, dan Soto Bandung tidak berbeda. Banyak resep soto yang meminta ayam untuk dijadikan protein utama, meski Soto Bandung dibuat secara tradisional dengan menggunakan daging sapi. Tidak seperti beberapa hidangan soto seperti Soto Medan yang menggunakan santan untuk mengentalkan kaldu, Soto Bandung jelas dan diunggulkan dengan penambahan irisan lobak yang tidak biasa yang memberikannya tendangan pedas yang bercampur dengan bekal daging sapi yang hangat.

6. Cilok Bandung


Makanan Enak di Bandung

Cilok mendapat namanya dari aci yang merupakan bahasa Indonesia untuk pati. Makanan enak ini terbuat dari tepung tapioka yang digulung menjadi bentuk bola lalu direbus. Mungkin kedengarannya tidak menyenangkan tapi bola kemudian diikatkan ke tusuk sate dan disajikan dengan saus pedas yang membuat makanan ringan ini enak dimakan saat dalam perjalanan.

7. Mie Kocok


Makanan Enak di Bandung

Mie Kocok sangat berbeda dengan aneka masakan mie Indonesia dan terbuat dari mie datar yang berenang dengan bekal daging sapi yang lezat. Bergantung pada bagaimana dibuatnya bisa disajikan dengan kikil atau tendon sapi dan babat. Kaldu kemudian dibubuhi daun seledri dan diatapi dengan bawang goreng. Terkadang juga bisa dibuat dengan ayam dan bisa termasuk ceker ayam atau variasi lainnya menggunakan bakso daging sapi.

8. Amanda Brownies


Makanan Enak di Bandung

Brownies mungkin tidak segera terdengar seperti hidangan Indonesia klasik tapi jika Anda mencari makanan penutup di Bandung maka ini tidak boleh dilewatkan. Brownies di sini dikukus daripada dipanggang yang berarti mereka sangat lembut dan lezat dengan coklat yang semakin menambah cita rasa dari brownies. Tempat paling terkenal untuk membeli brownies di kota adalah Amanda Brownies jadi pastikan untuk datang dan mengambil sebuah kotak sebelum Anda pergi untuk meninggalkan Bandung.

Demikian 8 Makanan Enak di Bandung yang Wajib Anda Coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon