10 Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

10 Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia - Kita pernah mendengar tentang batik, tapi batik bukan satu-satunya kain cantik yang dimiliki Indonesia. Dengan ratusan kelompok etnis, Indonesia memiliki ribuan kain tradisional berwarna, semuanya sama-sama cantik dan unik, masing-masing memiliki arti dan nilai tersendiri.

Batik


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Batik adalah tekstil tradisional paling menonjol di Indonesia, berasal dari pulau jawa. Secara tradisional, batik terbuat dari bahan alami, seperti katun dan sutera, atau campuran keduanya, menggunakan pewarna alami dan lilin yang menciptakan warna alami yang indah dan tenang dari kain. Batik dibuat dengan menerapkan lilin panas ke kain polos putih, membentuk pola yang diinginkan dan kemudian mewarnainya dengan warna. Kain itu kemudian dicuci dan direbus di air beberapa kali sebelum bisa digunakan.

Batik Jawa terbagi menjadi dua jenis: batik pedalaman (atau batik kraton) dan batik pesisir (batik pesisir). Batik pedalaman, yang juga dikenal dengan batik klasik, berasal dari tradisi bangsawan Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta (Solo). Ini pada awalnya dibuat untuk bangsawan dan bangsawan dan memiliki banyak nilai dan makna tradisional. Batik pedalaman biasanya memiliki pola geometris dan hadir dalam warna yang tenang dan gelap, seperti coklat tua, coklat muda atau biru tua.

Sebaliknya, batik pesisiran, berkat pengaruh Cina, India dan Arab, lebih cerah dalam warna dan lebih dinamis dalam pola. Warna yang lebih jelas sering terlihat, seperti merah, hijau, fuchsia, biru dan kuning. Pola seperti bunga, burung cendrawasih, atau kupu-kupu juga sering terlihat pada batik pesisiran.

Sasirangan


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Sasirangan adalah kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan. Pola dan warnanya diperoleh dari proses pewarnaan dengan penghalang, menggunakan tali atau benang untuk membentuk pola tertentu. Dibanding kain pewarna dasi pada umumnya, pola sasirangan biasanya lebih teratur dan lebih kecil, menciptakan kesan rahmat dan keanggunan.

Ulos


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Ulos adalah tekstil tradisional suku Batak di Sumatera Utara yang secara tradisional dipakai saat pernikahan, pemakaman atau acara formal lainnya. Ulos biasanya dipakai sebagai penutup bahu. Ada banyak jenis ulos untuk kebutuhan seremonial yang berbeda, namun secara umum ulos pada umumnya adalah tenunan tangan, dibuat dengan menggunakan mesin tenun manual. Di pesta pernikahan, pengantin wanita diikat bersama dengan satu helai ulos. Dalam budaya Batak, memberi ulos (mangulosi) kepada teman dan kerabat merupakan ekspresi cinta dan penghormatan kepada si penerima.

Gringsing


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Gringsing adalah kain tradisional dari Tenangan, Bali. Membuat satu potong gringsing memakan waktu yang sangat lama, sekitar dua sampai lima tahun, karena prosesnya kebanyakan dilakukan dengan tangan, dengan alat minimal yang terlibat. Nama gringsing itu berasal dari dua kata, gring yang berarti "sakit" dan bernyanyi yang berarti "tidak / negatif". Kain ini dipercaya sebagai obat penolak penyakit.

Songket


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Songket adalah kain tenun tradisional Melayu. Bisa ditemukan di Indonesia, Malaysia dan Brunei. Kain tenun tangan biasanya terbuat dari sutera atau katun dan dianggap sebagai kain tradisional yang indah dan mewah dan hanya dikenakan saat upacara, pernikahan, dan acara formal. Di Indonesia, songket bisa ditemukan terutama di Palembang (Sumatera Selatan), Minangkabau (Sumatera Barat), Medan (Sumatera Selatan), Jambi, Lombok dan Bali.

Besurek


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Besurek (berarti "tertulis") berasal dari provinsi sumatera. Ini adalah kain mirip batik tapi sebagian besar dari pola-polanya mirip dengan tulisan Arab atau kaligrafi. Pola-pola itu dipengaruhi oleh unsur-unsur Islam. Pembuatan besurek tidak jauh berbeda dengan batik, tapi warnanya lebih terang dan lebih berani.

Tapis


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Tapis adalah kain tenun tradisional dari Lampung. Biasanya dibuat dalam warna gelap, kebanyakan hitam, merah tua atau hijau tua. Ini dihiasi dengan benang emas yang melengkung dan bertali yang membentuk pola khas tapis. Tapis juga bisa dihias dengan manik-manik atau koin kecil. Tapis biasanya digunakan selama upacara formal dan acara khusus. Selain bagian kostum pernikahan, Tapis juga bisa dijadikan hiasan dinding. Muncul dengan pola tulisan bermotif bunga, geometrik, atau Arab.

Lurik


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Lurik adalah kain tenun dengan garis-garis yang secara tradisional merupakan pakaian pria pedesaan khas di antara suku Jawa. Terbuat dari bahan katun kasar, kainnya relatif murah dan terjangkau bagi kaum miskin di masa lalu. Kini lurik telah berubah menjadi kain modern yang sering digunakan dalam mode modern dan telah dibuat dengan warna lebih.

Ikat


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Ikat ditenun dari senar benang. Sebelum proses tenun, helai benang diikat dengan plastik atau tali sesuai dengan pola yang akan dibuat, sehingga bila dicelup, benang tidak akan ternoda dengan pewarna. Alat tenun yang digunakan adalah alat tenun non-listrik. Beberapa daerah di Indonesia yang terkenal dengan kain tenun ikat mereka adalah Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores dan Timor.

Sutra Bugis


Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia

Sutra Bugis, atau sarang sutra Bugis, pada awalnya hanya digunakan untuk berpasangan dengan baju bodo (pakaian tradisional Sulawesi Selatan). Sarung sutra Bugis memiliki pola kotak-kotak yang berbeda yang digunakan untuk memberi petunjuk apakah seorang Bugis sudah menikah. Pola kotak-kotak yang lebih kecil dengan warna-warna cerah disebut Ballo Renni dan dibuat untuk wanita yang belum menikah. Sementara pola kotak-kotak yang lebih besar di balok merah terang Balo Lobang dibuat untuk pria yang belum menikah. Selain kedua pola ini, ada juga beberapa pola lain dalam sarung sutra Bugis.

Demikianlah 10 Kain Tradisional Cantik yang Ada di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon