10 Makanan Khas Lombok yang Wajib Anda Coba

10 Makanan Khas Lombok yang Wajib Anda Coba - Siapa bilang Lombok sama saja dengan pelarian pantai atau destinasi budaya lainnya? Tetangga Timur Bali yang tenang ini juga menawarkan makanan khas dan eksotis yang sangat berbeda dengan masakan Indonesia lainnya. Rasa khusus mereka, juga aroma pedasnya, menjadi pusat perhatian di sini. Jadi untuk Anda yang sedang liburan di Lombok atau mempunyai rencana di Lombok. Daftar 10 makanan khas Lombok ini wajib Anda coba ketika Anda sedang liburan bersama keluarga atau kekasih.

1. Ayam Taliwang


Makanan Khas Lombok

Ayam Taliwang adalah ayam panggang khas Indonesia. Namun, yang membuatnya tidak seperti ayam panggang Indonesia lainnya adalah bahan utama, atau "ayam kampung", yang berarti ayam dari desa - biasanya cenderung lebih kecil, lebih juicier dan lebih organik daripada yang lain. Burung unggas itu diliputi saus "taliwang", terbuat dari pasta udang, bawang putih, air jeruk nipis, cabai, garam, dan kemiri. Merobeknya selagi masih panas.

2. Plecing Kangkung


Makanan Khas Lombok

Salah satu makanan khas Lombok yang paling diminati yang harus Anda rasakan adalah Plecing Kangkung, dan sudah pasti direkomendasikan untuk semua pecinta sayuran dan makanan laut. Salad bayam air pedas ini memiliki tampilan lemas yang unik namun teksturnya renyah. Sayuran yang pucat diatapi dengan saus cabai dan pasta udang, parutan kelapa, bawang putih, kacang goreng, dan air jeruk nipis.

3. Sate Bulayak


Makanan Khas Lombok

Yang membedakan sate daging sapi ini selain dari masakan skewered lainnya adalah pendampingnya, yang sering disebut Bulayak. Ini adalah jenis kue beras terkompresi, yang dibungkus daun palem memiliki bentuk memanjang. Sajian istimewa ini disajikan dengan saus pedas dan santan. Ada banyak pedagang yang menjual makanan ini - namun yang ada di Taman Suranadi sangat dianjurkan.

4. Sate Rembiga

Makanan Khas Lombok

Sate Rembiga telah populer sejak keluarga kerajaan Pejanggik, di Desa Rembiga, mengenalkannya ke publik. Hidangan khas ini terbuat dari daging sapi potong dadu, ditusuk, kemudian dipanggang di atas arang panas. Campuran rasa pedas dan manis memberi nafsu makan setiap orang. Nikmatinya dengan nasi kukus atau kue beras terkompresi.

5. Ares


Makanan Khas Lombok


Mungkin terdengar aneh jika mendengar bahwa batang pisang bisa diubah menjadi makanan lezat - tapi begitulah Ares dibuat. Hidangan ini biasa ditemukan dalam upacara pernikahan dan festival keagamaan dan ini adalah jenis kari dimana daging sapi, ayam, dan ikan termasuk semua. Dagingnya direbus bersama, bersama dengan santan dan beberapa ramuan aromatik, seperti lengkuas, jahe, dan kunyit.

6. Sate Ikan Tanjung


Makanan Khas Lombok

Sate Ikan Tanjung disebut demikian karena berasal dari Tanjung, sebuah kabupaten di Lombok Utara. Ikan darat, kebanyakan tuna, dicampur dengan lengkuas, santan, sereh, cabai, bawang putih, dan daun kaffir kapur, lalu ditekan ke batang bambu dan dipanggang di atas batu bara yang membara. Untuk mencari penjual yang menjual hidangan seafood ini, lebih baik anda pergi di sore atau sore hari.

7. Nasi Puyung


Makanan Khas Lombok

Nasi Puyung pada dasarnya adalah nasi kukus - biasanya ditemani beberapa hidangan tradisional, seperti Ayam Suwir (ayam buras, dimasak dengan sereh, cabai, dan tempurung udang), Kering Kentang (Tumis Kacang), Tumis Kacang (Tumis Kacang) , dan sambal (pedas saus panas). Tambahkan beberapa kacang kedelai goreng untuk hiasan dan Anda memiliki makanan yang sempurna.

8. Bebalung


Makanan Khas Lombok

"Bebalung" berarti "tulang binatang" dan sajian ini terbuat dari kambing atau rusuk sapi. Makanan pekat ini tersedia selama festival budaya dan selalu membayangi spesialisasi Lombok lainnya. Tulang rusuknya direbus dengan daun asam, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, garam, dan merica. Hidangannya disajikan panas dengan nasi kukus, air jeruk nipis, dan sambal.

9. Ikan Bakar Pantai Nipah


Makanan Khas Lombok

Salah satu cara terbaik untuk menikmati pantai Lombok yang eksotis adalah dengan menggigit Ikan Bakar Pantai Nipah, yang merupakan ikan bakar khusus yang ditemukan di Pantai Nipah. Ikan tersebut direndam dalam bumbu yang bervariasi, seperti jus jeruk nipis, bawang putih, cabai, jahe, dan kecap manis, kemudian dipanggang di atas bara panas. Varietas lainnya termasuk cumi dan udang dan Anda tidak boleh melewatkan makanan enak ini.

10. Beberuk Terong


Makanan Khas Lombok

Apakah Anda seorang yang sangat suka terong? Kalau begitu, coba Beberuk Terong, sajian lezat dalam dua jenis, yang mentah dan matang. Versi mentah biasanya dimakan dengan saus tomat pedas dan kacang polong cincang, sedangkan versi yang dimasak biasanya dipanggang, diparut, dan ditutup dengan sambal pedas. Ada baiknya memakannya dengan nasi kukus, Plecing Kangkung, dan Ayam Taliwang.

Demikianlah 10 Makanan Khas Lombok yang Wajib Anda Coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon