6 Makanan Khas Sunda yang Wajib Anda Coba

6 Makanan Khas Sunda yang Wajib Anda Coba - Masalah kuliner, di masing-masing daerah di Indonesia memiliki pesona dan khas tersendiri. Tak terkecuali dengan wilayah Jawa Barat. Ada begitu banyak masakan kuliner Sunda yang membuat lidah Anda mengamuk karena rasanya yang begitu khas dan lezat di lidah.

Walaupun makanan khas Sudna bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia, namun daftar makanan khas Sunda di bawah ini harus dan wajib Anda coba. Pokoknya makanan di bawah ini kalau kata orang Sunda mah "Negunah Pisan lah".

1. Sate Maranggi


Makanan Khas Sunda

Masakan sate tidak didominasi Madura dan Padang saja. Kenyataannya, orang Sunda memiliki sate yang unik, yaitu sate Maranggi yang asli Purwakarta dan bisa ditemukan juga di Cianjur, khusunya di daerah Cipanas Cianjur ada sate maranggi yang khas disana, ga pernah sepi pokoknya tiap hari penuh terus sampai malem. Daging yang digunakan sebagai sate pada umumnya umum, yaitu daging kambing dan daging sapi, tetapi menurut saya lebih pada daging sapi kalau maranggi.

Tapi, yang membuat unik adalah proses marinasi sebelum daging dibakar, sehingga terasa lebih meresap meski tanpa saus pendamping. Selain dinikmati dengan nasi putih atau lontong, sate Maranggi juga enak dimakan bersama nasi timbel atau nasi uduk. Sambal oncom irisan tomat segar juga tidak boleh absen saat Anda makan sajian ini.

2. Karedok


Makanan Khas Sunda

Siapa sih yang tidak kenal makanan yang khas Sunda ini? Ya karedok. Makanan sunda terbuat dari berbagai sayuran yang mentah seperti kubis, kacang panjang, mentimun, terong, dan daun kemangi apalagi ditambah dengan lontong. Bahan-bahan ini kemudian disiram dengan bumbu kacang. Ada juga yang disebut karedok leunca, dan sudah pasti bahan utamanya leunca atau biasa disebut ranti.

3. Ayam Bakakak


Makanan Khas Sunda

Ini bukan seekor ayam yang sedang tertawa, tapi sajian ayam panggang khas di Jawa Barat. Masyarakat setempat memberi nama makanan khas ini sebagai bakakak hayam. Hidangan ini sudah pasti bahan utamanya ayam dan dipanggang secara utuh setelah dipisahkan bagian dalamnya atau jeroannya.

Biar lebih enak, sajian ini harus dimakan dengan lalapan dan sambal Sunda yang khas. Saran saya jangan makan hidangan ini sendirian, hehe....

4. Nasi Timbel


Makanan Khas Sunda

Jika sudah bosan makan nasi putih, nasi yang satu ini menjadi rekomendasi. Nasi Timbel merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang lalu di kukus sebelum selanjutnya di kukus. Dengan cara ini, aroma dan harum dari daun pisang akan bercampur dan menghasilkan bau khas dari Nasi Timbel

Tapi tunggu dulu, jangan memakana hanya Nasi Timbel. Namun, Anda harus menggabungkan makanan khas ini dengna lauk pauk seperti bebek goreng, ayam bakar, ayam goreng, apalagi ditambah lalapan yang semakin menambah cita rasa dari Nasi Timbel.

5. Gepuk


Makanan Khas Sunda

Mungkin Anda adalah penggemar masakan dari daging sapi. Namun, apakah kalian pernah mencoba masakan daging sapi yang khas dari tanah Sunda ini. Makanan khas ini adalah Gepuk, hidang yang memadukan rasa yang gurih dan manis ini berasal dari bumbu-bumbu herbal dan santan ditambah proses yang tidak biasa.

Tekstur masakan khas ini ini terkenal karena dagingnya di gepuk alias ditakolan.. haha. Metode pengolahan yang dipukul adalah salah satu ciri khas dari makanan gepuk.

6. Geco


Makanan Khas Sunda

Makanan khas yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi dengan Masyarakat Cianjur khusunya. Geco apabila di artikan yaitu touge tauco. Sesuai dengan namanya, Geco dibuat dari tauge yang ditaburi rempah-rempah yang khas dari kota Cianjur. Rempah-rempah ini terbuat dari fermentasi keledai.

Makanan ini dilengkapi dengan tahu, kentang, ketupat, serta telur. Tidak ketinggalan juga, makanan ini memakai cuka lahang yang membuat ciri khas dari Geco semakin berbeda dengan makanan khas lainnya.

Demikian 6 Makanan Khas Sunda yang Wajib Anda Coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seorang manusia yang senang untuk berbagi informasi bermanfaat

SIlahkan berkomentar dengan sopan dan jangan meninggalkan link aktif. Terima kasih
EmoticonEmoticon